PERKEMBANGAN PROVIDER DAN MOBILE APLICATION

Ferdian Santoso, Kristian A.K

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra

Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya – 60236

Telp. (031) 2983442, Faks. (031) 8492562

Email: re_cycle_zzz@hotmail.com

Alamat Blog: krisfer.wordpress.com

 

ABSTRAK

Dengan paper ini dapat disimpulkan berbagai survey perkembangan IT. Saat ini dengan cepatnya perkembangan IT telah membuat proses dan strategis bisnis berubah dengan cepat. Tidak ada lagi management perusahaan yang tidak peduli dengan persaingan produk dari rival bisnisnya. Penggunaan perangkat IT sudah menjadi keharusan saat ini dengan dipengaruhi oleh berkembangnya mobile application di masyarakat. IT sudah dipandang sebagai salah satu senjata untuk bersaing di kompetisi global, kecenderungan ini terlihat dari tidak digunakannya lagi IT sebagai pelengkap dari proses bisnis perusahaan, namun IT dijadikan sebagai bagian dari proses bisnisnya. Dahulu sangat sulit menyakinkan pimpinan perusahaan untuk menjadikan IT sebagai suatu solusi yang dapat membantu visi-misi dan proses bisnis apalagi menyamakan strategi IT dengan visi, misi dan strategi bisnis perusahaan.

Kata kunci: provider, mobile aplication

  1. 1.        PENDAHULUAN

Kecenderungan saat ini teknologi semakin berkembang dengan cepat, perangkat keras / lunak muncul dengan versi atau model terbaru, hal ini juga berdampak pada permasalahan teknis dan non teknis sehari-hari dilapangan semakin kompleks. Jangan sampai perangkat yang mahal dan terbaru tidak dapat optimal karena permasalahan klasik dan teknis lainnya. Solusi Sistem Enterprise seperti ERP dengan SAPnya telah menjadi solusi bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan keakuratan bisnis  dalam proses produk yang dihasilkan. Harapan management setelah mengimplementasikan sistem integrasi enterprise ini dapat meningkat seperti fungsi control, monitoring dan pengambilan keputusan. Karena tuntutan kebutuhan akan informasi yang semakin cepat, tata kelola ICT dalam manajemen di suatu perusahaan akan semakin kompleks  baik  dari  sisi  teknis  atau  non  teknis lainnya. Tuntutan  ini memunculkan ”lahan bisnis” baru bagi para provider, munculnya solusi outsourching yang mempercayakan sistem ICT  perusahaan dihandle dan dimaintenance oleh pihak ketiga (vendor). Dahulu Model dianggap paling tepat untuk solusi perusahaan yang tidak mempunyai dana lebih dalam implementasi IT dan tidak mempunyai divisi khusus IT /EDP. Namun dalam perkembangan dilapangan provider ini mulai bergeser ke services content atau pemain layanan data & Internet (ISP). Dan dengan perkembangan ini mulai banyak muncul provider-provider yang baru untuk bersaing harga dengan provider lainnya, khususnya pada provider mobile aplication atau yang biasanya disebut operator handphone.

2.    METODOLOGI PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan adalah survey secara online yang dilakukan oleh 100 orang responden yang terdiri dari 64 laki-laki dan 36 perempuan. Survey secara online menggunakan kusioner yang contohnya terdapat pada lampiran dari paper ini (dapat diakses pada alamat: https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?hl=in&pli=1&formkey=dHBuY0EtbUdHc1hiUnhXVl81NVNNY1E6MQ#gid=0 ). Dan kebanyakan respondennya berasal dari website jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

3.   HASIL PENELITIAN

Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan dari beberapa grafik seperti dibawah ini.

Dari hasil penelitian pertama yaitu banyaknya jenis ponsel yang digunakan oleh para konsumen provider. Seperti halnya yang diketahui bahwa pengguna blackberry akhir-akhir ini sangat berkembang pesat sehingga dapat mempengaruhi harga-harga service dari berbagai operator handphone. Dan kemudian hasil survey berikutnya adalah :

Hasil survey berikutnya adalah jumlah provider yang paling sering digunakan oleh konsumen provider. Dan dari hasil ini dapat dilihat bahwa banyaknya pengguna telkomsel, hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti harga, layanan, sinyal, dan lain-lain. Sehingga memungkinkan kalau telkomsel dapat berkembang pesat di negara Indonesia ini. Kemudian survey dilanjutkan lagi untuk prosentase berikutnya :

 

Survey berikutnya ditujukan pada penggunaan aplikasi handphone untuk sehari-harinya. Dan menurut survey banyaknya responden yang menggunakan handphone untuk hal-hal yang berbau hiburan atau bisa dibilang sekedar memiliki. Jadi hal ini menyebabkan ketidak maksimalan penggunaan provider yang digunakan oleh para responden. Karena pada tujuannya pembuatan handphone digunakan untuk hal-hal yang sangat penting dan bisa berkomunikasi dengan siapapun tidak peduli seberapa jauhnya. Kemudian survey yang terakhir adalah :

Berikut adalah hasil survey alasan mengapa responden sangat percaya pada provider yang dipilihnya. Akan tetapi semua provider selalu memiliki kelemahan dan kelebihan. Alasan yang diberikan oleh para responden cenderung mengkritik pada sinyal dari providernya. Mungkin hal itu merupakan hal yang paling vital dari kualitas suatu provider sehingga perkembangan provider selalu berkaitan dengan bagaimana kualitas dan layanan yang diberikan oleh masing-masing provider.

4.   KESIMPULAN

Dari survey online melalui kuisioner yang telah dilakukan, dapat ditarik beberapa kesimpulan seperti :

  • Responden sangat memperhatikan bagaimana layanan dan kualitas sinyal dari setiap provider.
  • Responden cenderung mengikuti jaman perkembangan dari sebuah handphone. Seperti pada hasil survey, blackberry merupakan handphone favorit sehingga hal itu dapat mempengaruhi harga pasar penjualan handphone lainnya maupun harga pasar layanan yang diberikan oleh masing-masing provider.
  • Responden cenderung menggunakan handphone untuk kesenangan semata. Meskipun begitu masih juga adanya penggunaan handphone untuk bisnis yang bisa berpengaruh dalam perekonomian dunia.

5. SARAN

Sarannya adalah untuk para pemilik provider agar memperbaiki layanan-layanan yang dapat membuat konsumen kecewa terhadap provider tersebut. Survey yang dilakukan juga kurang akurat yang disebabkan sedikitnya responden yang mengisi angket ini. Setidaknya harus kurang lebih 2000 responden untuk menghasilkan data yang akurat. Hal ini sangat penting karena banyaknya pengguna handphone di negara Indonesia ini. Untuk sementara telkomsel masih terbanyak untuk pelanggannya, tetapi jangan sampai lupa untuk meningkatkan terus layanan dan kualitas dari providernya dan memberikan harga-harga layanan yang mudah dijangkau oleh masyarakat di negara Indonesia.

6.   LAMPIRAN

QUIZIONER TENTANG PERKEMBANGAN PROVIDER DAN MOBILE APPLICATION

Minta waktu anda sejenak untuk mengisi survey yang kami buat untuk menganalisa perkembangan provider dan mobile application di Indonesia.

* Wajib

Jenis Kelamin *

  • Pria
  • Wanita

Handphone apa yang anda gunakan : *

  • Blackberry
  • Nokia
  • Samsung
  • Apple
  • Sony Ericson
  • Yang lain:

Jenis software handphone anda : *

  • Blackberry OS
  • Symbian
  • Windows Mobile
  • Android
  • Java
  • iOS ( iPhone Apple )
  • Yang lain:

Aplikasi text selain SMS yang sering digunakan : *

  • BBM
  • Whats up
  • Ebuddy
  • Yang lain:

Jenis provider apa yang anda digunakan : *

  • Axis
  • XL
  • Telkomsel
  • 3
  • Indosat
  • Yang lain:

Jenis service yang digunakan : *

  • Data
  • Call
  • Text

Layanan data apa yang digunakan : Sesuai jawaban pertanyaan sebelumnya

  • Paket Blackberry Unlimited / Full Service
  • Paket Internet ( Volume Base )
  • Yang lain:

Layanan text apa yang digunakan : Sesuai jawaban pertanyaan sebelumnya

  • Paket SMS
  • Paket Chatting
  • Yang lain:

Layanan call apa yang digunakan : Sesuai jawaban pertanyaan sebelumnya

  • Paket Gratis Telepon
  • Paket Hemat Interlokal
  • Yang lain:

Alasan mengapa anda memilih provider yang anda gunakan : *

  • Murah
  • Ikut teman
  • Sinyal kuat
  • Yang lain:

Kendala-kendala yang anda temui pada provider anda : *

  • Sinyal lemah
  • Biaya service mahal
  • Sering pending
  • Sering putus ketika melakukan panggilan
  • Yang lain:

Aplikasi apa yang anda harapkan untuk penggunaan handphone sehari-harinya : *

  • Bisnis
  • Kesehatan
  • Hiburan
  • Pendidikan
  • Yang lain:

Kritik dan saran untuk provider yang anda gunakan : *

Advertisements